Desa Sidareja Resmi di Bentuk KIM

    Desa Sidareja Resmi di Bentuk KIM
    Kepala Desa Sidareja Mariman saat membuka acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Sidareja

    Cilacap – KIM adalah Kependekan dari Kelompok Informasi Masyarakat, yang merupakan Lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat secara khusus sebagai layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai kebutuhannya. Seperti tertuang dalam Permen Kominfo No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010.

    Hal tersebut disampaikan Analis Kebijakan Ahli Muda selaku Sub Koordinator Pengelolaan Media Informasi dan Persandian, Arin Nastuti saat menyampaikan materi Sosialisasi dan Pembentukan KIM di Desa Sidareja Kecamatan Sidareja, Rabu (8/6/2022).

    Lebih lanjut dijelaskan, KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan istribusi informasi kepada masyarakat juga menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi.

    “KIM juga sebagai upaya memberdayakan masyarakat agar memiliki kecerdasan dalam mencerna, memilih dan memilah informasi yang menjadi kebutuhannya untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya”, jelas Arin.

    Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Sidareja ini dibuka oleh Kepala Desa Sidareja Mariman, dihadiri Sekcam Sidareja Rom Mudlori, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta warga masyarakat Desa Sidareja Kecamatan Sidareja  dari berbagai elmen.

    Kepala Desa Sidareja menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Diskominfo Cilacap. Pihaknya berharap, dengan dibentuknya KIM ini nantinya segala informasi pembangunan dari pemerintah bisa diterima oleh masyarakat, sebaliknya segala aspirasi dari masyarakat bisa disampaikan kepada Pemerintah melalui KIM.

    “Setelah terbentuknya KIM di Desa Sidareja ini, nantinya segala macam informasi yang ada di masyarakat adalah informasi yang benar, jadi silahkan nanti dicermati bersama apa yang disampaikan oleh narasumber sehingga mampu memahami apa itu KIM, tugas dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan”, ungkap Kades.

    Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Camat Sidareja Rom Mudlori mewakili Camat Sidareja menyampaikan terimakasih kepada Diskominfo Cilacap yang telah mempercayakan Desa Sidareja untuk dibentuk KIM. Karena pada dasarnya belum semua Desa berkesempatan menjadi desa yang ditunjujk untuk dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat.

    “Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada Diskominfo Cilacap, karena yang dibentuk KIM adalah desa pilihan, dan bersyukur Desa Sidareja terpilih menjadi desa yang akan dibentuk KIM, Saya berharap dengan terbentuknya KIM ini nantinya masyarakat mampu menerima dan menyampaikan informasi yang benar”, kata Sekcam.

    KIM Desa Sidareja terbentuk dengan nama KIM Berkah Ilahi yang diketuai oleh Ari Mulyani, wakil Darsono, sekretaris Darmawan Sutanto, bendahara Bagus Hendrawan dan dan dibantu 4 seksi yaitu Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi serta Seksi Pengembangan Ekonomi Produktif.(*)

    Cilacap
    Agus mulya

    Agus mulya

    Artikel Sebelumnya

    Bapas Nusakambangan Ikuti Kegiatan Supervisi...

    Artikel Berikutnya

    Optimalkan Pengaplikasian Inovasi, Kabapas...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Presiden Jokowi Jamu Santap Malam Para Pemimpin dan Delegasi KTT WWF Ke-10 di GWK
    Dekat di Hati Masyarakat, Satgas Yonif 115/ML Membina Kemampuan Bola Voli Masyarakat Kampung Yambi
    Danlanud Sultan Hasanuddin Pimpin Upacara Pembukaan Kemah Bakti dan Sosialisasi Krida Saka Dirgantara
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali