PK Bapas Nusakambangan Laksanakan Penggalian Data Untuk Pemilihan Program WBP

    PK Bapas Nusakambangan Laksanakan Penggalian Data Untuk Pemilihan Program WBP
    PK Bapas Nusakambangan Laksanakan Penggalian Data Klien Untuk Pemilihan Program WBP

    Nusakambangan - Pembimbing kemasyarakatan Bapas Nusakambangan yang di komandoi langsung Kepala Bapas Nusakambangan melakukan penggalian data di Lapas Cilacap. Hal ini sebagai tindak lanjut atas permintaan Litmas Asimilasi dirumah, Pembebasan bersyarat maupun Cuti bersyarat dari Lapas Cilacap. WBP yang telah memenuhi syarat diajukan uyntuk mendapatkan program lanjutan entah asimilasi maupun Integrasi, Senin (19/09/2022).

    Asimilasi adalah program persiapan kepada seorang WBP agar nantinya saat menjalani integrasi dapat langsung terjun berinteraksi dengan masyarakat dengan baik. Asimilasi dapat berupa kerja sosial di luar atau didalam lapas, pelatihan untuk peningkatan ketrampilan maupun asimilasi dirumah. Sedangkan integrasi adalah proses pengembalian WBP Ke masyarakat dengan syarat-syarat tertentu. Integrasi dapat berupa pemberian Cuti bersyarat, Pembebasan Bersyarat atau Cuti menjelang Bebas.

    Peran PK Bapas sangat penting dalam menentukan apakah seorang WBP layak untuk mendapatkan propgram asimilasi maupun Integrasi. dalam penggalian data, Pembimbing Kemasyarakatan menggali bberapa faktor sebagai dasar dalam menentukan rekomendasi program yang akan diberikan.

    Meliputi kesiapan WBP, Perubahan prilaku WBP, Tingkat resiko pengulangan tindak pidana WBP hingga kesiapan Penjamin dalam menerima dan Memastikan WBP tidak melakukan pengulangan tindak pidana.

    " Penentuan tempat LITMAS sangatlah penting, sebagai bentuk penerapan dalam penelitian, agar tepat sasaran dan maksimal " Ungkap Johan Sadewa

    Hasil Penggalian Data tersebut akan tertuang dalam sebuah dokumen litmas (Penelitian Kemasyarakatan) yang memuat tentang rekomendasi program yang tepat kepada WBP. Harapannya dengan program yang tepat, WBP dapat mengalami perubahan prilaku menjadi lebih baik lagi.

    /yoantanamal

    bapas litmas kemenkumham nusakambangan
    yoan tanamal

    yoan tanamal

    Artikel Sebelumnya

    Optimalkan Pemanfaatan Website Lapas Kelas...

    Artikel Berikutnya

    Bimbingan Bapas Nusakambangan pada Klien...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Prajurit TNI Koops Habema Respons Kebutuhan Penerangan Masyarakat Wilayah Papua
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Dandim 1715/Yahukimo Kunjungi Koramil 1715-03/Kurima Untuk Mengecek Perencanaan dan Persiapan Renovasi Kantor Koramil Kurima